Monday 15 February 2016

Manfaat Ikan Dorang bagi Kesehatan Tubuh

Ikan dorang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Ikan yang terkenal dengan rasanya yang gurih dan lezat ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ikan dorang hidup di perairan dangkal sebagai medianya. Berbagai olahan makanan dari ikan dorang diantaranya seperti ikan dorang acar kuning dengan berbagai campuran rempah-rempah.
Yang terpenting dalam mengolahnya adalah ikan dorang dalam kondisi yang segar dan tersimpan dengan baik. Selain gurih rasanya ketika dikonsumsi, ikan dorang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah untuk mengetahui apa saja manfaat ikan dorang bagi kesehatan tubuh, langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!
Berikut Beberapa Manfaat Ikan Dorang bagi Kesehatan Tubuh
Sebagai Sumber Protein
Manfaat ikan dorang yang pertama adalah kaya akan protein. Protein yang terkandung di dalam ikan dorang cukup tinggi. Selain kaya akan protein yang baik untuk perkembangan anak, ikan ini juga mengandung zat besi dan juga seng. Di samping itu kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam ikan dorang juga berperan penting dalam perkembangan memori pada bayi.
Membantu dalam Mengurangi Resiko Asma
Resiko asma dapat diturunkan dengan mengonsumsi jenis ikan ikan ini. Asma sendiri merupakan salah satu kelainan pada pernafasan akbat dari resiko peradangan kronis saluran pernafasan. Nah untuk mengurangi resiko tersebut ada baiknya jika Anda mencoba untuk mengonsumsi jenis ikan dorang ini.
Membantu dalam Menurungkan Tingkat Prematur
Manfaat ikan dorang berikutnya adalah membantu dalam menurunkan tingkat prematur. Ini dikarenakan ikan dorang ini mengandung asam lemak omega 3. Maka dengan kandungannya tersebut membuat ikan dorang ini memiliki manfaat dalam menurunkan tingkat prematur lebih berkurang. Selain manfaatnya tersebut ikan dorang juga memiliki manfaat yang baik dalam proses pembekuan darah serta membantu dalam menurunkan kadar trigleserida atau lemak dalam darah.
Membantu dalam Mengurangi Resiko Depresi pada Ibu Hamil
Manfaat ikan dorang lainnya adalah membantu dalam mengurangi resiko depresi pada ibu hamil. Ikan ini memiliki manfaat dalam menurunkan resiko depresi pada ibu hamil. Dengan manfaatnya tersebut membuat mereka yang mengonsumsi jenis ikan ini merasa lebih bahagia serta menurunkan resiko dari depresi. Adapun tanda dari depresi seperti penurunan energi dalam tubuh, kehilangan minat dalam kegiatan, serta kesedihan yang berlarut-larut.
Nah setelah mengetahui apa saja manfaat dari ikan dorang alangkah baiknya jika Anda juga mengetahui saran untuk mengonsumsi ikan dorang beserta tips dalam memilihny. Untuk saran konsumsi sebaiknya ikan dorang dimasak secara matang untuk mengurangi bahaya yang berkembang akibat dari bakteri maupun parasit. Ikan yang termasak dengan benar-benar matang akan lebih highinies.
Sedangkan untuk cara pemilihan ikan juga perlu Anda ketahui. Untuk cara pemilihan ikan diantaranya seperti membeli ikan dorang yang masih dalam keadaan segar, memasak ikan sampai dengan matang atau sempurna, bagi Anda yang ingin menyimpan ikan dorang usahakan untuk menyimpannya di dalam lemari es dengan wadah yang tertutup rapat apabila tidak dimasak, serta fillet dengan baik guna mendapatkan tekstur yang tepat.
Nah itulah tadi pembahasan mengenai apa saja sebenarnya manfaat dari ikan dorang yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ikan dorang ini mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh diantaranya seperti kandungan protein yang cukup tinggi, kandungan omega 3, dan kandungan lainnya seperti yodium, vitamin, dan mineral lainnya.  

Baca

1 comment: